Jumaat, 19 Ogos 2016


Akar manis


Akar manis atau 'Licorice' atau 'Liquorice' adalah akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar manis ini merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Nama liquorice berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya "akar manis". Akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm. Daun-daunnya dapat berjumlah 9-17 helai dalam satu cabang. Bunga akar manis tersusun secara inflorescens (berkelompok dalam satu cabang),warnanya berkisar dari keunguan sampai putih kebiru-biruan serta berukuran panjang 0,8-1,2 cm. Buah akar manis berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm, dan mengandung biji

Produksi dan penggunaan 

Akar manis tumbuh seperti rerumputan (semak) di sebagian wilayah Eropa bagian selatan (Glycyrrhiza glabra). Spesies lainnya adalah Licorice Amerika disebut G. lepidopta yang tumbuh di Amerika Utara dan Licorice Cina (G.uralensis) yang banyak dipakai dalam bahan obat-obatan Cina.

Akar manis tumbuh dengan baik di tanah yang dalam, subur, cukup air dan dalam iklim yang penuh cahaya matahari. Biasanya dipanen pada musim gugur 2 atau 3 tahun setelah penanaman.[1]

Ekstrak akar manis didapat dengan cara merebus akar tanamannya dan menguapkan airnya, dapat dijual dalam bentuk bubuk ataupun sirup (cair). Zat yang terkandung di dalamnya adalah glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan. Spesies G.uralensis adalah jenis akar manis yang paling banyak mengandung zat ini.

Penggunaan dalam kuliner
Rasa akar manis lebih bervariasi jika dibuat dalam bentuk permen. Produk permen ini sangat terkenal di Inggris yaitu Liquorice allsorts (permen licorice khas Inggris). Konsumen di daratan Eropa lebih menyukai permen akar manis yang sedikit asin. Walau kebanyakan produk itu memiliki rasa akar manis ternyata kandungan terbanyaknya adalah minyak adas manis.

Di Belanda, permen akar manis disebut "Drop" dan sangat digemari masyarakatnya. Produk permen akar manis Belanda mengandung lebih sedikit kandungan adas manis walau digunakan juga campuran bahan lain seperi menthol dan daun salam (bay leaf) sehingga menciptakan rasa yang agak asin.[2]

Licorice juga digunakan dalam komposisi minuman ringan umpamanya root beer dan teh-teh herbal yang berasa manis. Rasa licorice yang manis sangat berguna untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap dalam obat-obatan. Orang Belanda seringkali membuat minuman beraroma licorice (dropwater) dengan menaruh beberapa bagian permen licorice yang mengandung laurel (daun salam) dengan potongan akar tanaman licorice di dalam botol berisi air lalu mengocoknya sampai berbuih.

Di Italia, yang juga tempat tumbuh licorice alami, masyarakatnya mengonsumsi licorice dengan mencabutnya dari tanah dan langsung mengunyahnya sebagai penyegar mulut. Warga Italia menyukai licorice yang tidak diberi pemanis sehingga 100% murni, namun dengan rasa yang pahit. Orang Siria menggunakan licorice sebagai minuman maupun permen. Menurut Departemen Database Pangan Amerika Serikat licorice hitam mengandung 100 kalori per ons (928 gram).[3]

Dalam kuliner Cina, licorice digunakan sebagai rempah pada makanan pedas. Sering juga ditambahkan dalam campuran kaldu dan kecap.

Tanaman herbal dinegara terkenal banyak sekali bahan dan macamannay yang sangat manfaat dan penting seklai kita ketahui , salah satu tanaman herbal yang banyak dikonsumsi sebagai sebagai obat adalah akar manis .
Akar Manis
Akar manis ini dalam istilah latinnya adalah Glycyrrhiza glabra di cinat tanaman ini dikenal dengan istilah Gan cao, atau licorice (philipina) itu hanya beda istilah saja tapi khasiat dan manfaatnya sama saja .

Ciri-ciri akar manis
khasiat akar manis untuk kesehatanTanaman ini tumpuh yang termasuk golongan tanaaman yang memiliki bunga dan biji tapi yang dimanfaatkan adalah akarnya , dan perlu anda bahwa tanaman ini belum tumbuh dinegara kita .
Manfaat akar manis 
khasiat akar manis bisa anda manfaatkan sebagai obat batuk dan lambung ,

Batuk
Sekarang musim batuk karena cuaca lumayan ekstrim sehingga daya tahan tubuh lemah sehingga menagkibatkan kita mudah terserang batuk dan filek untuk caranya sbb :
siapkan sekitar 1,5 g tumbuhan Akar Manis, kemudian siapkan Rimpang sekitar 8 g, Daun Sirih paling tidak 3 helai dan air sekitar 130 ml. lalu semua bahan di rebus (di infus) dan diminum 2 kali dalam sehari, sebelum makan dan minum rebusan air sekitar 100 ml.Penyakit

Tukak Lambung
Bagi anda yang mengalami gangguan lambung seperti tukak lambung maka akar manis ini bisa anda mafaatkan unuk obatnya caranya sbb :
Ambil Akar Manis sekitar 3 gram akar manis, tanaman obat Rimpang kunyit 4g dan air 130 ml, kemudian seuh semua bahan dan minum hasil seduahan 2 kali dalam sehari, sekitar 100ml air seduhan
Itulah manfaat akar manis serta cara meraciknya jadi obat yang bisa kami bagikan . gunkanlah akar manis secukupnya hingga penyakit anda hilang tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya sebab bisa mengakibatakan gejala hipoklamia.

Saat ini, banyak wanita yang cenderung menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya, baik untuk kulit maupun untuk rambut.

Selain menghabiskan sejumlah besar uang, kesehatan mereka juga terancam karena zat berbahaya yang ada di dalam produk kecantikan tersebut.

Sebenarnya ada cara yang lebih aman dan murah untuk mendapatkan kecantikan sekaligus aman bagi kesehatan, yakni kembali menggunakan bahan alami yang tersedia di alam.

Banyak bahan alami dan tanaman herbal yang sudah sejak dulu digunakan oleh nenek moyang untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Salah satunya adalah licorice atau akar manis.

Licorice (akar manis) dikenal sebagai salah satu herbal Ayurveda (Ayurvedic) yang memberi banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut bila digunakan dengan tanaman herbal lain.

Akar manis ini bekerja dengan sangat baik bila digunakan dalam bentuk murninya bila digunakan untuk kecantikan kulit. Akar manis (licorice) akan membuat kulit menjadi lebih cerah dibandingkan dengan kosmetik buatan yang terkadang membuat kulit menjadi rusak.

Bila digunakan dengan tanaman herbal lain, akar manis dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada rambut.

Ekstrak Akar Manis (Licorice)

Ekstrak akar manis (licorice) merupakan salah satu bahan herbal yang paling sering digunakan dalam produk kecantikan.

Selain itu, ekstrak akar manis juga sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit karena memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, anti mikroba, anti karsinogenik, dan anti virus.

Beberapa senyawa primer antioksidan dan anti inflamasi yang ditemukan dalam akar manis (licorice) adalah saponin, flavoniod, glycyrrizinic, dana asam glycosides- glycyrrhizing.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak akar manis (licorice) dengan asam retinoat dan betametason menghasilkan respon pencerah kulit yang luar biasa pada 70% semua percobaan.

Ekstrak licorice yang efektif terbuat dari akar yang kecil, kasar, dan berwarna coklat akar licorice. Biasanya baunya mirip permen tapi ketika dicicipi rasanya tidak benar-benar manis.

Manfaat & Kegunaan Akar Manis (Licorice) untuk Kecantikan Kulit

Akar manis (licorice) menjadi salah satu herbal dalam pengobatan Ayurveda untuk membuat serum. Serum akar manis tidaklah berbahaya bagi kulit, tidak seperti produk kecantikan lain yang dijual bebas di pasaran.

Serum akar manis bisa bekerja untuk semua jenis kulit, baik itu kulit berminyak, kulit yang teriritasi, kulit yang mengelupas atau kulit yang tidak merata.

Sebelum membeli produk kecantikan apapun, pastikan Anda mengetahui bahan-bahan tambahan yang digunakan, apakah cukup aman digunakan atau tidak.

Akar manis (licorice) dikenal sebagai salah satu herbal alami yang memiliki sifat untuk melembutkan sekaligus mencerahkan kulit.

Oleh karenanya, akar manis sering digunakan dalam produk kecantikan seperti serum, perawatan untuk menghilangkan bintik hitam atau pigmentasi pada kulit, pembersih wajah, serta pelembab.

Manfaat penambahan ekstrak akar manis ke dalam produk kecantikan adalah membantu menghilangkan atau menyamarkan masalah pigmentasi (hiperpigmentasi) serta mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Akar manis bekerja dengan cara menghalangi pembentukan melanin sehingga mencegah terjadinya hiperpigmentasi pada kulit. Penggunaan akar manis dalam produk kecantikan dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, terhidrasi dengan baik, dan tampak berseri.

Ekstrak akar manis sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit merah (terbakar sinar matahari), berjerawat, kulit kering, maupun mencerahkan kulit kusam.

Akar manis juga mengandung senyawa tertentu yang bekerja sebagai tabir surya. Akar manis bertindak seperti perisai dan melindungi kulit dari paparan sinar UVA / UVB untuk menjaga kulit tetap cerah dan segar.

Licorice (akar manis) dapat mencerahkan warna kulit, dan bila digunakan dalam kombinasi dengan Gigawhite dalam serum, maka akan membuat kulit makin cerah sehingga menjadikan kulit tampak bercahaya.

Kombinasi antara Gigawhite dan akar manis (licorice) bisa dijumpai di berbagai jenis produk kecantikan seperti pelembab kulit (moisturizers), pembersih (cleanser), dll.

Selain itu, akar manis juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit berbahaya seperti eksim dan penyakit kulit lainnya.

Manfaat & Kegunaan Akar Manis (Licorice) untuk Rambut

Akar manis (licorice) kaya akan kandungan kolin, lemak, protein, flavonoid, phytoestrogen, vitamin-B kompleks, fosfor, kalium, minyak esensial, dan amines.

Karena unsur dan senyawa yang terkandung di dalamnya, membuat akar manis menjadi herbal yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut.

Ekstrak akar manis (licorice) juga tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul. Biasanya tablet dan kapsul ekstrak akar manis ini diambil untuk mengurangi kerontokan rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mencuci rambut dengan ekstrak akar manis (licorice) juga dapat membantu mengatasi ketombe.

1
Gunakan akar manis untuk mengatasi beragam penyakit. Akar manis atau licorice secara tradisional digunakan untuk mengatasi artritis, gangguan pada perut, dan rambut yang terlalu berminyak. Selain itu, akar manis juga terbukti secara klinis efektif untuk
Mengatasi sensasi terbakar di dada
Mengatasi gangguan kulit seperti eksem
Mengatasi tekanan darah rendah
Mengatasi penyakit Addison (gangguan pada fungsi kelenjar adrenal)
Mempertahankan kadar kalium darah pada pasien cuci darah
Meningkatkan kesuburan pada wanita penderita sindrom polikistik ovarium
Mengatasi sakit tenggorokan dan sariawan
Mengurangi lemak tubuh
Kanker prostat, payudara, kolon, hati, dan paru-paru
Mengatasi tukar
Meredakan gangguan sistem imun

2
Berkumurlah dengan larutan akar manis untuk mengatasi sariawan dan bau napas tak sedap. Campur 1 sendok teh (5 ml) bubuk akar manis ke dalam 250 ml air hangat suam-suam kuku dan aduk hingga larut.
Gunakan larutan itu untuk berkumur 4-5 kali dalam sehari untuk membantu menenangkan dan menyembuhkan sariawan. Bila digunakan untuk mengobati sariawan, Anda tidak boleh menelan larutan ini. 
Sama halnya, berkumur dengan larutan yang terbuat dari 1/4 cangkir (60 ml) air hangat dan 1/2 sendok teh (2,5 ml) ekstrak akar manis dapat membantu mengurangi atau bahkan mengatasi bau napas tak sedap.

3
Minumlah teh akar manis untuk meredakan batuk, sakit tenggorokan, nyeri perut, ataupun kram selama menstruasi. Campur 1 sendok makan (15 ml) akar manis halus dengan 2 cangkir (500 ml) air dalam panci kecil. Didihkan campuran tersebut dengan api kecil selama 15-20 menit. [7] Saring sebelum diminum.
Minumlah teh selagi hangat untuk membantu mengatasi flu, batuk, atau infeksi saluran pernapasan atas.
Minumlah teh akar manis satu kali sehari selama 1 bulan untuk membantu mengatasi refluks asam dan tukak lambung.
Untuk memaksimalkan manfaat teh akar manis selama menstruasi, mulailah mengonsumsinya 3 hari sebelum menstruasi.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan